SELAMAT DAN SUKSES UNTUK KALIAN SEMUA

PERJALAN KARIR DAN OBSESI KEPALA SEKOLAH

Laporan : PUJI RAHAYU HIDAYATI, MEZYA NADYA PUTRI, DYAN TIARA HAPSARI
Titian karir setiap orang berbeda, pengalaman dalam menjalankan tugas membuat orang semakin matang dalam dalam berkarir, yang pada akhirnya misi dalam menjalankan tugas merupakan sebuah obsesi. Sejak akhir September lalu bapak Drs. A. Syaikhurrodli, MM. Secara resmi sebagai kepala SMP Negeri 1 Gudo mengantikan H. Sudarno, S.Pd., M.Si., bagaimanakah perjalanan karir, pengalaman dan obsesi beliau, berikut petikan wawancara kami.

Sebelum Bapak menjadi kepala sekolah di SMP Negeri 1 Gudo apa jabatan Bapak ?
Saya menjadi kepala sekolah di SMP Negeri 2 Wonosalam

Kapan dan dimana Bapak pertama kali diangkat menjadi kepala sekolah ?
Saya diangkat menjadi kepala sekolah tepatnya tanggal 12 Maret 2004. Dan bertugas pertama kali di SMP Negeri 2 Wonosalam

Apa kesan Bapak saat pertama kali berada di SMP Negeri 1 Gudo?
Suasana keakraban bersama bapak ibu guru Nampak sekali, keakraban, kekeluargaan. Ketertiban muridnya juga bagus, tidak ada yang bolos. Apabila ada, saya akan menghubungi orang tuanya dan menanyakan kenapa anak ini sering bolos.

Selain menjadi kepala sekolah apa Bapak juga bertugas mengajar disini, dan mata pelajaran apa yang Bapak ajarkan ?
Ya, selain saya menjadi kepela sekolah. Saya juga mengajar. Saya mengajar pelajaran BK (Bimbingan Konseling). Tapi dulu saya pertama kali mengajar PAI ( Pendidikan Agama Islam ). Tahun 2008 saya mengikuti Bimbingan Konseling ( BK ) sampai sekarang saya mengajar BK.

Menurut Bapak bagaimanakah mutu dan kualitas murid di SMP Negeri 1 Gudo, apakah sama dengan di SMP yang Bapak pimpin sebelum di SMP Negeri 1 Gudo?
Saya di SMP Negeri 1 Gudo inikan baru, dan saya baru dipindah tugaskan dari SMP Negeri 2 Wonosalam dan di SMP Negeri 2 Kesamben. Tentu mutu dan kualitas di setiap SMP itu berbeda-beda, seperti di SMP Negeri 2 Wonosalam disana sampai kekurangan murid. Sedangkan di SMP Negeri 1 Gudo pada pendaftaran tahun ini mencapai 250 murid.

Apa kesulitan Bapak selama menjabat sebagai kepala sekolah ?
Selama ini saya belum menemukan masalah, karena saya disini baru 2 bulan. Tetapi masalah lingkungan merupakan masalah yang sangat sulit. Karena saya lihat murid-murid tidak menghargai linkungan. Karena mereka seenaknya membuang plastic sisa es atau bungkus jajan di sela-sela tanaman. Saya lihat di depan bersih tetapi di belakang sangat kotor. Saya bekerja sama dengan petugas perpus untuk mengawasi kersihan di lapangan belakang.

Apakah Bapak akan meningkatkan ataupun mengurangi tata tertib di SMP Negeri 1 Gudo?
Mohon maaf saya belum pernah melihat tata tertib di SMP Negeri 1 Gudo. tetapi saya akan pelajari dan menambah tata tertib apabila ada yang kurang. Untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dan bekerja sama dengan guru BK untuk menata ruang BK supaya siswa dapat berkonsultasi dengan mudah.

PUJI RAHAYU HIDAYATI, MEZYA NADYA PUTRI,
DYAN TIARA HAPSARI

Untuk memajukan sekolah. Apakah Bapak akan menambah sarana dan prasarana belajar mengajar ?
Ya tentu. Dalam waktu dekat ini, saya akan mendapat alat-alat labortorium IPA. Dan menambah computer untuk ruang TIK. Saya ingin bapak ibu guru mengembangkan model pembelajaran dengan menggunakan LSD. Dalam wktu dekat saya akan membeli 6 cd mata pelajaran yaitu IPA, Bhs. Indonesia, IPS , PKN, Matemadka, Bhs. Inggris.

Seandainya Bapak menjabat di sekolah yang berada di pelosak desa. Bagaimana Bapak membuat sekolah tersebut maju ?
Pertama saya harus mempelajari kelebihan dan kekurangan dari peserta didik dan bapak ibu gurunya. Apakah sering telambat atau tidak. Dan kekutan untuk membut sekolah tersebut maju. Lalu kita lihat dari sisi akademiknya, dapat lulus 100%. Kemudian dari sisi nonakademiknya, saya ingin anak-anak yang memiliki bakat dapat mengembangkan bakat mereka. Saya ingin memunculkan mereka di tingkat Kabupaten, Provinsi, dan Nasional.

Apakah Bapak akan menambah pelajaran untuk siswa kelas IX ?
Kelas IX selama ini sudah mendapat tambahan pelajaran, saya akan mengumpulkan bapak ibu guru bidang studi UN. Apakah kegiatan les berjalan dengan lancar dan tertib. Dan saya akan melihat hasilnya melalui try out. Apakah siswa kelas IX sudah mampu atau belum.(Dyan, Nadya, Puji)

Bidikan Lensa di Flickr

Goyang YKS yang mengguncang SMPN 1 Gudo Rabu 28/05/2014 dalam acara pentas seni 2014.

Ekskul / Pengembangan diri:
Musik, Paduan Suara, Tari, Basket, Sepak bola, Volly, Bulu Tangkis, Drumband, Pramuka, PMR, TPA, Desain Grafis, Panembromo.

Contact:
Telp. 0321-866538
E-mail : smpnegeri1gudo@yahoo.co.id

Tips Saat Terima Ijazah dan Cap Tiga Jari