SELAMAT DAN SUKSES UNTUK KALIAN SEMUA

PTK salah satu KTI pada Pengembangan Profesi

Salah satu butir kegiatan dalam unsur pengembangan profesi yang dapat memberikan angka kredit bagi guru adalah melaksanakan karya tulis atau karya ilmiah dibidang pendidikan.

Menurut Dra. Mislinatul Sakdiyah, M.Pd Widyaiswara LPMP Jawa Timur, bahwa kegiatan pengembangan profesi yang dapat diberikan nilai angka kredit adalah Karya Tulis Ilmiah (KTI) di bidang Pendidikan, menemukan teknologi tepat guna, membuat alat pelajaran, alat peraga atau alat bimbingan, ”tetapi bukan berarti misalnya guru IPS beli globe lalu diajukan untuk mendapat angka kredit, tidak demikian” Katanya, selanjutnya, menciptakan karya seni monumental dan kegiatan pengembangan kurikulum.
”Dari sekian kegiatan pengembangan profesi yang paling dekat dan mudah dilakukan oleh guru sesuai dengan tugas sehari-hari adalah KTI di bidang pendidikan dan KTI merupakan salah satu dari pengembangan profesi” kata Diyah, panggilan sehari-hari.

Dalam Karya Tulis Ilmiah ada dua jenis, pertama Karya Tulis Ilmiah hasil Peneliatian dan kedua Non Penelitian. Yang termasuk dalam kategori penelitian adalah Laporan, Makalah dan Artikel, sedangkan untuk jenis Non Penelitian adalah Makalah dan Artikel.

KTI hasil penelitian menurut Widyaiswara LPMP Jawa Timur ini dikatakan, bila dalam bentuk laporan penelitiannya berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK), bila berupa makalah harus dipresentasikan seperti pada MGMP atau didokumentasikan di Perpustakaan sekolah, sedangkan Artikel yaitu hasil penelitian yang dimuat di media cetak atau elektronik.

Sedangkan KTI Non Penelitian atau KTI gagasan sendiri berupa makalah harus dipresentasikan di MGMP atau didokumentasikan di Perpustakaan sekolah, bila berupa artikel harus dimuat di media cetak atau elektronik.

”Jenis Karya Tulis Ilmiah lain yang bisa diangkakreditkan, adalah Diktat, Buku atau Modul dan Terjemahan” Kata Sakdiyah.”Untuk Diktat ini paling mudah, tetapi ada prosedur dan tata aturannya tersendiri, hari ini saya diundang untuk menyampaikan PTK, karena itu tidak saya jelaskan” katanya lebih lanjut. (denwq)

KTI Online silahkan klik disini.

Bidikan Lensa di Flickr

Goyang YKS yang mengguncang SMPN 1 Gudo Rabu 28/05/2014 dalam acara pentas seni 2014.

Ekskul / Pengembangan diri:
Musik, Paduan Suara, Tari, Basket, Sepak bola, Volly, Bulu Tangkis, Drumband, Pramuka, PMR, TPA, Desain Grafis, Panembromo.

Contact:
Telp. 0321-866538
E-mail : smpnegeri1gudo@yahoo.co.id

Tips Saat Terima Ijazah dan Cap Tiga Jari