SELAMAT DAN SUKSES UNTUK KALIAN SEMUA

Peringatan Hari Santri 22 Oktober

(smpn1gudo.blogspot.com 22/10/18) Kali pertama SMP Negeri 1 Gudo memperingati hari Santri Nasional tanggal 22 Oktober 2018. Peringatan hari Santri Nasionol ini diawali dengan Apel Hari Santri Nasional dilanjutkan dengan lomba-lomba, diantaranya lomba Adzan, Tartil Quran, Qiroat, Pildaraja, Cerdas Cermat Islam, Kaligrafi, Banjari, Tahfidz.
Peringatan Hari Santri Nasional ini, merupakan mementum yang harus diketahui oleh seluruh peserta didik, karena menurut sejarahnya , Kemerdekaan Indonesia memang tidak lepas dari perjuangan kaum santri dan kaum ulama, dimana pada tanggal 22 Oktober 1945 dicetuskannya Resolusi jihad oleh pendiri NU yaitu KH. Hasyim Asy’ari di Surabaya untuk mencegah dan mengahalangi kembalinya tentara kolonial Belanda yang mengatas namakan NICA.

Menurut Bupati Jombang pada kata sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kepala SMP Negeri 1 Gudo sebagai pembina apel, mengatakan bahwa berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 22 Tahun 2015, tanggal 22 Oktober ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional. Ketetapan ini merupakan wujud penghormatan negara pada peran Ulama, Pesantren, dan kaum Santri, dalam memperjuangkan kemerdekaan. Melalui proses pemikiran, negosiasi, dan puncaknya adalah gerakan revolusi jihat, yang melahirkan peristiwa 10 November, merupakan kenyataan sejarah, bahwa Kyai, Ulama, Santri, Tokoh-tokoh negeri bersama seluruh masyarakat khususnya di Jombang dan Jawa Timur, telah menunjukan kerjasama yang bagus dalam mewujudkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Kerjasama antara Ulama, Santri, dan seluruh elemen negeri inilah yang perlu kita teladani.

Baca juga: Alasan Kenapa 22 Oktober Sebagai Hari Santri Nasional, yang Pernah Nyantri Pasti Bangga !

"Bagi peserta didik ini kali pertama memeperingati Hari Santri Nasional, harapan kami semua peserta didik faham adanya perjuangan para santri yang juga memberikan kontribusi besar terhadap kemerdekaan Republik Indonesia ini" Kata Madsilah S.Pd. Kepala SMP Negeri 1 Gudo.

Sementara itu menurut Wakasek Kesiswaan Suhartono, S.Pd. mengatakan bahwa Apel Hari Satri Nasional ini seperti apel biasanya, hanya saja sebelum pembina apel tiba ditempat dibacakan ayat-ayat suci Al-quran dilanjutkan dengan Sholawat Nabi. Berikutnya pada saat menyanyikan lagu Indonesia Raya yang biasanya oleh tim paduan suara, untuk peringatan Hari Satri Nasional ini dinyanyikan oleh seluruh peserta apel, dan terakhir setelah pembacaan do'a menyanyikan Mars Hari Santri.

Dari pantauan kami peringatan Hari Santri Nasional yang dilakukan oleh SMP Negeri 1 Gudo ini berlangsung khidmad pada saat apel, dan kegiatan lombanya berlangsung dengan semarak. (denwq)

Bidikan Lensa di Flickr

Goyang YKS yang mengguncang SMPN 1 Gudo Rabu 28/05/2014 dalam acara pentas seni 2014.

Ekskul / Pengembangan diri:
Musik, Paduan Suara, Tari, Basket, Sepak bola, Volly, Bulu Tangkis, Drumband, Pramuka, PMR, TPA, Desain Grafis, Panembromo.

Contact:
Telp. 0321-866538
E-mail : smpnegeri1gudo@yahoo.co.id

Tips Saat Terima Ijazah dan Cap Tiga Jari